Brain Gym adalah serangkaian gerak sederhana yang menyenangkan dan digunakan untuk meningkatkan kemampuan belajar mereka dengan menggunakan keseluruhan Gerakan-gerakan Brain Gym membuat segala macam pelajaran menjadi lebih mudah, dan terutama sangat bermanfaat bagi kemampuan akademik. | |||||
Brain Gym didasarkan pada tiga pokok yang sederhana
| |||||
Dimensi Lateralis | |||||
Untuk menstimulasi belahan otak kiri dan kanan. Bila keterampilan ini sudah dikuasai, orang akan mampu memproses kode linear, symbol tertulis (mis. Tulisan) dengan dua belah otak atau dari kedua jurusan : kiri ke kanan atau kanan ke kiri yang merupakan kemampuan dasar kesuksesan akademik. Ketidakmampuan untuk menstimulasi belahan otak kiri dan kanan mengakibatkan apa yang disebut “ketidakmampuan belajar†(learning disable) atau “disleksiaâ€. | |||||
Cross crawls (Gerakan Silang)
Kemampuan Akademik :
| |||||
Lazy eight's ( 8 Tidur) Angka 8 digambar dalam posisi tidur dengan titik tengah yang jelas :
Kemampuan Akademik :
| |||||
Double doodle (Coretan Ganda) Ini adalah kegiatan menggambar di kedua sisi tubuh yang dilakukan pada bidang tengah untuk menunjang kemampuan agar mudah mengetahui arah dan orientasi yang berhubungan dengan tubuh :
Kemampuan Akademik :
| |||||
The elephant (Gajah) Gerakan gajah mengaktifkan bagian dalam telinga untuk keseimbangan dan kesetimbangan yang lebih baik, juga mengintegrasikan otak untuk mendengar dengan kedua telinga, membuat relaks otot tengkuk yang tegang akibat dari terlalu banyak membaca. Kemampuan Akademik
| |||||
| Dimensi Pemfokusan Untuk menstimulasi bagian belakang otak (Batang otak atau brainstem) dan bagian depan otak ( frontal lobes). Ketidakmampuan menstimulasi bagian tersebut akan mengakibatkan kurang mampu mengekspresikan diri sendiri dan ikut aktif dalam proses belajar, dengan kata lain disebut kurang perhatian, kurang pengertian, terlambat bicara atau hiperaktif. | ||||
The owl (Burung Hantu) Gerakan burung hantu dimaksudkan untuk melepaskan ketegangan tengkuk dan bahu yang timbul karena stress, khususnya ketika mengangkat buku berat atau ketika mengkoordinasikan mata untuk membaca atau kemampuan melihat dekat lainnya.
Kemampuan Akademik :
| |||||
The active arm (Mengaktifkan Tangan) Mengaktifkan tangan untuk mengaktifkan gerakan motorik kasar dan halus:
Kemampuan Akademik :
| |||||
The gravitational glider (Luncuran Gravitasi) Gerakan ini untuk merelakskan daerah pinggang, pinggul dan sekitarnya.:
Kemampuan Akademik :
| |||||
The rocker (Olengan Pinggul) Olengan pinggul mengendorkan punggung bawah dan tulang kelangkang, juga menstimulasi saraf di pinggul yang melemah karena terlalu lama duduk.
| |||||
| Dimensi Pemusatan Untuk menstimulasi system limbis (midbrain) yang berhubungan dengan emosi dan otak besar (cerebral cortex) untuk berpikir abstrak. Ketidakmampuan untuk menstimulus bagian tersebut akan ditandai oleh ketakutan yang tak beralasan, cenderuk bereaksi “berjuang atau melarikan diriâ€, atau ketidakmampuan untuk merasakan atau menyatakan emosi. | ||||
. | |||||
Brain buttons (Sakelar Otak) Sakelar otak (jaringan lunak di bawah tulang selangka di kiri dan kanan tulang dada) dipijat dengan satu tangan, sementara tangan yang lain memegang pusar. Kemampuan Akademik :
| |||||
Earth buttons (Tombol Bumi) Ujunga jari satu tangan menyentuh bawah bibir, ujung lainnya di pinggir atas tulang kemaluan ( 15 cm di bawah pusar). Kemampuan Akademik:
| |||||
Balance buttons (Tombol Imbang) Biarkan murid menyentuh Tombol Imbang yang terdapat di belakang telinga, pada sebuah lekukan di batas rambut antara tengkorak dan tengkuk (4-5 cm kek iri dan kekanan dari garis tengah tulang belakang). Sementara tangan yang satunya menyentuh pusar selama 30 detik, lalu ganti dengan tangan yang satunya lagi. Dagu relaks dan kepala dalam posisi normal menghadap ke depan Kemampuan Akademik:
| |||||
| Space buttons (Tombol Angkasa) Letakkan satu tangan di atas bibir di garis tengah depan, yang lain di garis tengah belakang pada tulang ekor atau lebih ke atas agar aman dan sopan Kemampuan Akademik :
| ||||
The thinking cap (Pasang Telinga) Gerakan ini menolong murid memusatkan perhatian pada pendengarannya. Dengan ibu jari dan telunjuk, pijat secara lembut daun telinga sambil menariknya keluar, mulai dari ujung atas, menurun sepanjang lengkungan dan berakhir di cuping Kemampuan Akademik :
| |||||
Hook-ups (Kait Relaks) Sambil duduk, murid menyilangkan pergelangan kaki kiri ke atas kaki kanan. Silangkan pergelangan tangan kirinya ke atas tangan kanan, lalu menjalinkan jari-jari, menarik kedua tangan, dan meletakkannya di dada. Sambil menutup mata, bernapas dalam dan relaks selama 1 menit Kemampuan Akademik:
| |||||
The energetic yawn (Menguap Berenergi) Menguap baik jika dibarengi dengan menyentuh tempat-tempat tegang di rahang yang dapat menolong menyeimbangkan tulang tengkorak dan menghilangkan ketegangan di kepala dan rahang Kemampuan Akademik :
|
Sumber :
http://www.witchhazel.it/braingym.htm
Paul E. Dennison, Ph.D & Gail E. Dennison, Buku Panduan Lengkap Brain Gym - Senam Otak Grasindo, 2006.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar