Selasa, 27 Desember 2011

BRAIN GYM ( SENAM OTAK)

Brain Gym adalah serangkaian gerak sederhana yang menyenangkan dan digunakan untuk meningkatkan kemampuan belajar mereka dengan menggunakan keseluruhan Gerakan-gerakan Brain Gym membuat segala macam pelajaran menjadi lebih mudah, dan terutama sangat bermanfaat bagi kemampuan akademik.
  Brain Gym didasarkan pada tiga pokok yang sederhana
  • Belajar adalah kegiatan yang alami dan menyenangkan yang terus terjadi sepanjang hidup
  • Kesulitan belajar adalah ketidakmampuan mengatasi stress dan keraguan dalam menghadapi suatu tugas yang baru
  • Kita semua mengalami "kesulitan belajar" selama kita telah belajar untuk tidak bergerak
Umumnya kita menerima saja keterbatasan dalam hidup kita sebagai sesuatu yang tak dapat dielakkan dan mungkin juga gagal menemukan manfaat dari stress yang positif. Gerakan Brain Gym adalah suatu usaha alternatif alami yang sehat untuk menghadapi ketegangan dan tantangan pada diri sendiri dan orang lain.
 
Dimensi Lateralis

Untuk menstimulasi belahan otak kiri dan kanan. Bila keterampilan ini sudah dikuasai, orang akan mampu memproses kode linear, symbol tertulis (mis. Tulisan) dengan dua belah otak atau dari kedua jurusan : kiri ke kanan atau kanan ke kiri yang merupakan kemampuan dasar kesuksesan akademik.
Ketidakmampuan untuk menstimulasi belahan otak kiri dan kanan mengakibatkan apa yang disebut “ketidakmampuan belajar” (learning disable) atau “disleksia”.
 
 
 
 
Cross crawls (Gerakan Silang)
  • Untuk mengaktifkan indera kinestetik, sentuhlah tiap tangan ke lutut yang berlawanan
  • Gerakan silang sambil duduk (dengan menggerakkan kaki dan tangan yang berlawanan)
Kemampuan Akademik :
  • Mengeja
  • Menulis
  • Mendengarkan
  • Membaca dan memahami/mengerti
 
Lazy eight's ( 8 Tidur)
Angka 8 digambar dalam posisi tidur dengan titik tengah yang jelas :
  • Gerakan tangan mulai dari titik tengah ke arah kiri atas, melingkar ke kiri bawah naik ke titik titik tengah lagi dan terus ke kanan atas, berputar ke kanan bawah, kembali ke titik tengah, demikian seterusnya 
Kemampuan Akademik :
  • Mekanisme membaca
  • Pengenalan simbol
  • Pengertian membaca
 
Double doodle (Coretan Ganda)
Ini adalah kegiatan menggambar di kedua sisi tubuh yang dilakukan pada bidang tengah untuk menunjang kemampuan agar mudah mengetahui arah dan orientasi yang berhubungan dengan tubuh :
  • Coretan ganda dalam bentuk nyata seperti : lingkaran, segitiga, bintang, hati, dsb. Lakukan dengan kedua tangan.
Kemampuan Akademik :
  • Mengikuti petunjuk
  • Memahami/mengerti dan membuat simbol
  • Menulis, mengeja & menghitung
 
The elephant (Gajah)
Gerakan gajah mengaktifkan bagian dalam telinga untuk keseimbangan dan kesetimbangan yang lebih baik, juga mengintegrasikan otak untuk mendengar dengan kedua telinga, membuat relaks otot tengkuk yang tegang akibat dari terlalu banyak membaca.
Kemampuan Akademik
  • Pemahaman mendengar
  • Berbicara
  • Mengeja
  • Mengingat secara berurutan 
 



Dimensi Pemfokusan

Untuk menstimulasi bagian belakang otak (Batang otak atau brainstem) dan bagian depan otak ( frontal lobes). Ketidakmampuan menstimulasi bagian tersebut akan mengakibatkan kurang mampu mengekspresikan diri sendiri dan ikut aktif dalam proses belajar, dengan kata lain disebut kurang perhatian, kurang pengertian, terlambat bicara atau hiperaktif.



 
The owl (Burung Hantu)
Gerakan burung hantu dimaksudkan untuk melepaskan ketegangan tengkuk dan bahu yang timbul karena stress, khususnya ketika mengangkat buku berat atau ketika mengkoordinasikan mata untuk membaca atau kemampuan melihat dekat lainnya.
  • Murid memijat satu bahu untuk membuat relaks otot leher yang tegang sambil menggerakkan kepala perlahan
Kemampuan Akademik :
  • mendengar dengan pemahaman
  • pidato atau laporan lisan
  • perhitungan matematika
  • ingatan
  • komputer atau kerja lain yang memakai papan tombol
 
 
The active arm (Mengaktifkan Tangan)
Mengaktifkan tangan untuk mengaktifkan gerakan motorik kasar dan halus:
  • Aktifkan satu tangan (lihat gambar) dan kepala tetap rileks
  • Pada saat melakukan gerakan murid mengembuskan napas dalam hitungan delapan atau lebih
Kemampuan Akademik :
  • Menulis indah
  • Mengeja
  • Menulis kreatif
 
The gravitational glider (Luncuran Gravitasi)
Gerakan ini untuk merelakskan daerah pinggang, pinggul dan sekitarnya.:
  • Dapat dilakukan dengan berdiri atau duduk yang nyaman
  • Murid duduk dengan menyilangkan kaki dipergelangannya dan merentangkan tangan depan, lalu meluncurkannya ke daerah kaki
Kemampuan Akademik :
  • Pemahaman waktu membaca
  • Mencongak
  • Pemikiran abstrak 
 
 
The rocker (Olengan Pinggul)
Olengan pinggul mengendorkan punggung bawah dan tulang kelangkang, juga menstimulasi saraf di pinggul yang melemah karena terlalu lama duduk. 
  • Untuk melindungi tulang ekor, lakukan olengan pinggul di atas alas (bantal/matras) dengan tangan atau lengan sebagai penyangga badan
Kemampuan Akademik :
  • Mengoperasikan mesin (komputer, motor, mobil)
  • Perhatian & pemahaman




Dimensi Pemusatan

Untuk menstimulasi system limbis (midbrain) yang berhubungan dengan emosi dan otak besar (cerebral cortex) untuk berpikir abstrak. Ketidakmampuan untuk menstimulus bagian tersebut akan ditandai oleh ketakutan yang tak beralasan, cenderuk bereaksi “berjuang atau melarikan diri”, atau ketidakmampuan untuk merasakan atau menyatakan emosi.
 
  .
 
Brain buttons (Sakelar Otak)
Sakelar otak (jaringan lunak di bawah tulang selangka di kiri dan kanan tulang dada) dipijat dengan satu tangan, sementara tangan yang lain memegang pusar.
Kemampuan Akademik :
  • Kemampuam membaca
  • Koordinasi tubuh 
 
 
Earth buttons (Tombol Bumi)
Ujunga jari satu tangan menyentuh bawah bibir, ujung lainnya di pinggir atas tulang kemaluan ( 15 cm di bawah pusar).
Kemampuan Akademik:
  • Kemampuan membaca.
 
 
Balance buttons (Tombol Imbang)
Biarkan murid menyentuh Tombol Imbang yang terdapat di belakang telinga, pada sebuah lekukan di batas rambut antara tengkorak dan tengkuk (4-5 cm kek iri dan kekanan dari garis tengah tulang belakang). Sementara tangan yang satunya menyentuh pusar selama 30 detik, lalu ganti dengan tangan yang satunya lagi. Dagu relaks dan kepala dalam posisi normal menghadap ke depan
Kemampuan Akademik:
  • Pengertian tentang hal-hal tersirat
  • Mengenali berbagai sudut pandang
  • Penilaian kritik dan pengambil keputusan
  • Keterampilan mengeja dan matematika.
 
 
Space buttons (Tombol Angkasa)
Letakkan satu tangan di atas bibir di garis tengah depan, yang lain di garis tengah belakang pada tulang ekor atau lebih ke atas agar aman dan sopan
Kemampuan Akademik :
  • Keterampilan mengatur
  • Kemampuan membaca
  • Konsentrasi pada tugas
  • Meningkatkan minat dan motivasi
 
The thinking cap (Pasang Telinga)
Gerakan ini menolong murid memusatkan perhatian pada pendengarannya. Dengan ibu jari dan telunjuk, pijat secara lembut daun telinga sambil menariknya keluar, mulai dari ujung atas, menurun sepanjang lengkungan dan berakhir di cuping
Kemampuan Akademik :
  • Pemahaman ketika mendengar
  • Berbicara, menyanyi, tampil di depan umum
  • Berbicara dalam hati dan penyampaian lisan
  • Mengeja.
 
 
Hook-ups (Kait Relaks)
Sambil duduk, murid menyilangkan pergelangan kaki kiri ke atas kaki kanan. Silangkan pergelangan tangan kirinya ke atas tangan kanan, lalu menjalinkan jari-jari, menarik kedua tangan, dan meletakkannya di dada. Sambil menutup mata, bernapas dalam dan relaks selama 1 menit
Kemampuan Akademik:
  • Mendengar dan berbicara lebih jelas
  • Menghadapi tes dan tantangan sejenis
  • Belajar dengan papan ketik
 
 
The energetic yawn (Menguap Berenergi)
Menguap baik jika dibarengi dengan menyentuh tempat-tempat tegang di rahang yang dapat menolong menyeimbangkan tulang tengkorak dan menghilangkan ketegangan di kepala dan rahang
Kemampuan Akademik :
  • Membaca dengan suara
  • Menulis kreatif
  • Berbicara di depan umum

Sumber :
http://www.witchhazel.it/braingym.htm
Paul E. Dennison, Ph.D & Gail E. Dennison, Buku Panduan Lengkap Brain Gym - Senam Otak Grasindo, 2006.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar